rqm 60x648

Pamekasan Tuan Rumah Diklat dan Sertifikasi DSN MUI

 Berita, Slide
baznas60x468

IMG20171207192750

Pamekasan, Pelaksanaan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dan Sertifikasi Dewan Pengawas Syariah (DPS) Untuk Koperasi yang digelar di Pamekasan memasuki hari kedua (07/12/17).

 

Dalam dua hari ini peserta mendapatkan materi yang berkaitan dengan lembaga keuangan syariah mulai dari pengenalan DSN MUI, perkoperasian dan akad-akad lembaga keuangan syariah.

“Alhamdulillah, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan ini dan kami sangat bangga bisa menjadi jembatan kegiatan ini” terang KH. Zainal Abidin, ketua Puskopsyah Salam Madura Berkah sekaligus panitia pelaksana diklat ini.

Kiai Zainal, sapaan akrabnya lebih lanjut mengemukakan bahwa Pamekasan adalah satu dari tiga provinsi yang berkesempatan menggelar diklat ini yaitu di NTB, di Jakarta dan di Pamekasan Madura Jawa Timur, oleh karena itu ia berharap peserta agar bersungguh-sungguh dalam mengikuti pelatihan ini.

“Kami sangat berharap, pasca pelatihan ini peserta mendapatkan pengetahuan yang utuh tentang lembaga keuangan syariah, sehingga bisa diterapkan di koperasi masing-masing” tambahnya.

IMG20171207192709

Ia mengaku, kegiatan yang digelar berdasarkan kerjasama DSN MUI Institute, MUI Kabupaten Pamekasan Madura, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Pamekasan dan Puskopsyah Pamekasan ini tidaklah mudah dilaksanakan, ia mengungkapkan, se Indonesia hanya ada tiga tempat pelatihan, NTB, Jakarta dan Pamekasan.

Sementara itu, kepala bidang pembiayaan pada Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pamekasan Abdul Fata mengatakan bahwa kegiatan diklat itu berjalan sebagaimana diharapkan, hal itu disebabkan materi yang diberikan pembicara sesuai sengan kebutuhan koperasi syariah di Pamekasan.

“Diklat ini sangat bagus, sesuai dengan kebutuhan koperasi syariah, apalagi saat ini sedang kami usahakan seluruh koperasi di Pamekasan dikonversi ke koperasi syariah” Jelasnya.

Foto: Abdul Fata

Foto: Abdul Fata

Lebih jauh ia mengemukakan, Dalam upaya mendukung gerakan pembangunan masyarakat islami di Pamekasan, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro ingin koperasi di Pamekasan menjadi koperasi syarian dan dijalankan sesuai prinsip-prinsip syariah.

“Alhamdulillah, Diklat dan Sertifikasi DPS ini akan menjadi momentum mensyariahkan ekonomi Pamekasan khususnya lembaga keuangan syariah. Nantinya DPS ini yang akan menjadi pendamping dalam aktifitas koperasi syariah” Pungkasnya.

Perlu diketahui, Diklat ini digelar dalam rangka memunculkan Dewan Pengawas Syariah (DPS) untuk koperasi yang mendapatkan legalitas dari DSN MUI Pusat. Para DPS ini diharapkan menjadi pendamping koperasi syariah yang handal dan profesional, sehingga koperasi yang ada berjalan sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

Kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari di edotel Pamekasan dengan instruktur dari DSN MUI Institute. **azism***

 

 

DSN MUI Institute ini.

baznas60x468

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan