rqm 60x648

Iman, Ilmu dan Amal Perspektif HMI

 Hikmah, Slide
baznas60x468

kahmiIman, Ilmu dan Amal. itulah moto juang yang menjadi spirit organisasi mahasiswa Islam tertua di Indonesia yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI). Semangat iman, ilmu dan amal menjadi motivasi bagi kader HMI (sebutan bagi aktifis HMI) dalam aktifitas perjuangannya baik saat ia masih aktif di HMI ataupun sudah menjadi alumni HMI.
Iman perspektif HMI adalah keyakinan yang utuh akan ke-esaan Allah Swt berikut segala kemahakuasaan-Nya. Kader HMI mengimani kitab al-Qur’an sebagai wahyu dari Allah Swt, bahwa apa segala yang tertuang didalam al-Qur’an adalah haq (benar).
Adapun ilmu perspektif HMI adalah pengetahuan akan kebenaran yang bersumber dari wahyu, teori maupun pengamatan ilmiyah.
Sedangkan amal adalah suatu usaha -amaliyah- sebagai bentuk pengabdian diri kepada Allah Swt yang dijalankan sebagai aplikasi dari Iman dan Ilmu. Suatu amal tidaklah disebut sebagai amal sholeh apabila suatu amal dijalankan tanpa iman dan ilmu. Amal sholeh adalah nilai ibadah yang dikerjakan sesuai dengan perintah Allah sehingga berpahala.
Seorang hamba tidaklah disebut sebagai muslim kaffah (insan kamil / insan cita) apabila iman, ilmu dan amal tidak teraplikasi secara sempurna dalam kehidupan hamba tersebut. Iman, ilmu dan amal harus selalu terhubung. Jika ia beriman dan berilmu, tetapi tidak beramal maka tidak bernilai, begitu juga apabila ia beramal tanpa ilmu apalagi tanpa iman maka juga tidak bernilai, sehingga yang dimaksud amal sholeh itu ialah suatu amal yang dilaksanakan berdasarkan iman dan ilmu, salah satunya hilang menjadi cacat amal tersebut, baik itu amal dalam katagori ibadah mahdoh maupun ghairu mahdoh.
Jika pada kader HMI terinternalisasi Iman, Ilmu dan amal itu pada dirinya, maka berhaklah ia menyandang gelar sebagai kader muslim intelektual professional. Ia benar dalam imannya, benar dalam ilmunya dan benar amalnya. Ialah Insan Cita, insan yang dicitakan oleh Allah untuk mendapatkan berbagai kebaikan dari Allah, dan kebaikan yang utama adalah menjadi penghuni surganya Allah.
Bertakwalah kepada Allah semampu kalian**** oleh Azis Maulana

baznas60x468

Author: 

Related Posts

Tinggalkan Balasan